logo

(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Work from Home (WFH), Saat yang tepat Dosen & Mahasiswa produktif menulis

FH.UNNES.AC.ID –  Semarang, Work from Home (WFH) telah diberlakukan di Universitas Negeri Semarang sejak tiga pekan lalu. Selain bekerja, dosen, tendik dan mahasiswa juga diminta untuk belajar dan beribadah di rumah sebagai bentuk physical distancing atau mengisolasi diri dari kegiatan sosial. Hal tersebut dilakukan demi memerangi wabah virus corona yang belum juga berhenti. Bahkan, di Indonesia jumlah korban semakin meningkat menjadi 1986 orang terinfeksi hingga Jumat (3/4).

Kabar baiknya, kebijakan WFH ini membuat dosen dan mahasiswa memiliki banyak waktu berkualitas di rumah. Waktu ini bisa digunakan untuk melakukan kegiatan positif untuk meminimalisir rasa bosan dan stress, salah satunya dengan kegiatan menulis.

Ya, menulis. aktivitas satu ini dianggap mampu melatih kesabaran dan sebagai bentuk terapi diri. Dosen dan mahasiswa bisa menulis artikel yang belum sempat diungkapkan karena kesibukannya

Melalui pesan berantai, Dosen Hukum Tata Negara Saru Arifin SH LLM dan juga pakar bidang ilmu hukum internasional memberikan bahan pengingat bekal dalam menulis. Kali ini pak saru arifin berbagi ilmu mengenai Sitasi : Catatan Kaki / footnote (pengertian, tujuan, prinsip penggunaan dan teknis penulisannya).

Materi awal memaparkan terkait pengantar awal tentang pentingnya sitasi dalam dunia akademik, ragam sitasi dan alasan mengapa memilih catatan kaki (footnote) dalam sitasi jurnal/artikel. Berikut lebih lanjut paparan materi yang bisa kita pelajari.

Pengantar tentang sitasi

Sitasi dalam dunia akademik merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh penulis ilmiah. Menurut Kate L. Turabian (2007:133) mengatakan, tugas seorang peneliti itu adalah pertama mendapatkan fakta – fakta yang benar, kedua menyampaikan kepada pembaca darimana fakta – fakta tersebut didapatkan, ketiga mensitasi sumber dari fakta – fakta, ide atau kata – kata yang mereka gunakan dalam paper mereka.

Ragam Sitasi

Notes atau sitasi bermacam – macam tergantung bidang ilmunya, tergantung target pembacanya dan kebiasaan yang dipakai dalam project (bisa dimaknai kebiasaan institusinya). Menurut (Kate L. Turabi (2007:151), Secara garis besar teknis sitasi itu terbagi dalam tiga kelompok, pertama Footnotes (catatan kaki), kedua Endnotes (catatan diakhir paper), ketiga Body notes/ in text citation ( catatan /sitasi dalam teks ).

Mengapa Catatan kaki (Footnotes)

Ada 4 alasan mengapa menggunakan catatan kaki, yang pertama dalam sebagian tradisi ilmu sosial dan ilmu hukum, penulis lebih cenderung menggunakan footnotes dibandingkan bodynote atau endnotes, kedua
footnotes lebih memudahkan pembaca dalam melacak keterangan atau referensi yang dikutip, ketiga endnotes memiliki kesulitan tersendiri, karena pembaca harus membolak-balik halaman bacaan dan sumber, keempat bodynote, informasinya statis, tidak bisa terbaca secara langsung oleh pembaca dan tidak bisa menambahkan informasi lainnya.

Semoga materi singkat ini bisa bermanfaat untuk dosen dan mahasiswa untuk lebih giat lagi dalam menulis artikel baik pada jurnal internasional yang bereputasi maupun dijurnal jurnal nasional yang terakreditasi.

Materi lengkap bisa di unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Quote

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08-07:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18-07:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya