(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Pilihan Bahasa :
ID: | EN:

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Tingkatkan Publikasi Ilmiah Mahasiswa berPrestasi Institute (MPI) dan Duta FH UNNES Ikuti Pelatihan

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Mahasiswa ber-Prestasi Institute (MPI) Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang telah menyelenggarakan serangkaian acara Pelatihan bagi para Mahasiswa Berprestasi dengan tema “Jurnal 101: Pelatihan Publikasi Jurnal Bagi Mahasiswa”.

Rangkaian kegiatan  pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan dimulai pada Sabtu, 30 Januari 2021 dan dilanjutkan pada Minggu, 31 Januari 2021 melalui media teleconference zoom. Dengan exclusive private Coaching oleh Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Anggota Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Jawa Tengah.

Pada tanggal 30 Januari 2021, acara dimulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.20 WIB yang dipandu oleh Vivin Restia selaku Master of Ceremony (MC) dan Anita Indah Widiastuti selaku moderator. Acara ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH UNNES, Bapak Tri Sulistiyono, S.H., M.H.

Acara dilanjutkan dengan  pemberian materi oleh narasumber luar biasa, Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Anggota Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Jawa Tengah. Materi yang diberikan yaitu mengenai kegiatan penelurusan referensi yang akan digunakan dalam artikel ilmiah. Para peserta di berikan pemahaman tentang bagaimana mencari referensi yang benar melalui platform GARUDA dan DOAJ serta menggunakan software yaitu PoP (Publish or Perish). Setelah pemaparan, para peserta dapat mempraktekan langsung penggunaan platform dan software tersebut.

Selanjutnya pada hari ke-2 pelatihan, yaitu pada tanggal 31 Januari 2021, acara kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.25 WIB yang dipandu dengan moderator yang sama pada hari sebelumnya yaitu Anita Indah Widiastuti. Acara dimulai dengan kuis singkat menarik tentang penentuan kategori jurnal dalam SINTA. Selanjutnya pemaparan lebih lanjut mengenai SINTA dijelaskan dengan sangat rinci oleh narasumber. Selain SINTA, penggunaan software Mendeley  dalam penulisan artikel juga dipaparkan dengan jelas. Setelah itu para peserta kegiatan diarahkan pada langkah-langkah untuk mensubmit artikel dalam suatu jurnal dan apa saja yang harus dipersiapkan agar artikel tersebut dapat diterbitkan.

Acara kegiatan ini diharapkan dapat meningkatakan kemampuan menulis para mahasiswa dalam mencapai prestasi. Pada akhir acara kegiatan narasumber berpesan kepada para mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa jangan berhenti menulis walaupun mengalami penolakan, bahkan seorang profesor sekalipun pernah mengalami berbagai penolakan dalam penerbitan artikel.

“Pelatihan publikasi seperti ini bagi para mahasiswa merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat terutama dalam perjalanan menuju pencapaian segudang prestasi kedepannya.” Ungkap Dekan FH UNNES Ibu Dr. Rodiyah Tangwun, S.Pd., S.H., M.Si.

“Setelah diselenggarakannya kegiatan Pelatihan publikasi ini diharapkan mahasiswa semakin semangat dan terus mau menggali ilmu tanpa henti serta semakin semangat untuk menuangkan pemikirannya dalam tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang.” Ujar Bapak Tri Sulistiyono, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH UNNES.

“Harapan kami anggota MPI dapat sukses menerbitkan artikel melalui pelatihan berjenjang ini, kedepan mereka juga masih akan memperoleh pelatihan lanjutan” Ungkap Pembina Mahasiswa Berprestasi Institute (MPI), Ibu Ayup Suran Ningsih, S.H., LL.M., M.H.

Penulis : Widia Indriyani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.