(024) 8508077 ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

BEM FH UNNES adakah Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Pada hari Sabtu, 3 April 2021 pukul 08.00 WIB  telah dilaksanakan Pembukaan Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II sebagai bentuk awal pembekalan dan ceremony demi berjalannya Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II yang baik dan lancar. Pembukaan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Tri Sulistiyono S.H., M.H. Sebelum diadakan Pembukaan Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II telah diadakan Technical Meeting (TM) pada hari Jumat, 2 April 2021 pada pukul 19.15 WIB yang ditujukan kepada seluruh peserta Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II dengan tujuan agar para peserta dapat mengikuti jalannya sekolah tersebut dengan baik sesuai tata tertib yang sudah dibuat oleh panitia.

Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II yang diselenggarakan oleh Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang ini mengangkat tema “Policy Research : Strategi Menciptakan Advokasi Kampus yang Efektif, Profesional, dan Humanis Berdasarkan Prinsip Restorasi Demi Terciptanya Keadilan Distributif”.

Saat pembukaan berlangsung Aldita Evan Prihama selaku Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa juga memberikan sepatah dua patah sambutan untuk memberikan semangat baik kepada peserta maupun panitia. Tidak hanya Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa saja yang memberikan sambutan, Bobby Ardian selaku ketua pelaksanaan Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II juga memberikan sambutan. Keduanya berharap dengan diadakan Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II tersebut kita mahasiswa sebagai agen of change dapat berkontribusi lebih maksimal, turut aktif, inovatif, dan inisiatif serta mampu memberikan gerakan baru untuk membangun kemajuan di negara ini. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Tri Sulistiyono S.H., M.H juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Meskipun acara tersebut berlangsung di tengah Pandemi Covid – 19, beliau berharap semoga hal tersebut tidak mengurangi rasa antusias dan semangat dari peserta maupun panitia.

Sekolah Pilar Advokasi II dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu bulan April – Juni dan pertemuan dengan para peserta dilaksanakan setiap hari Sabtu mulai pukul 12.30 – 15.00 WIB dengan menghadirkan pembicara – pembicara yang hebat mulai dari mahasiswa Fakultas Hukum sampai guru besar dari Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Adapaun pembicara tersebut ialah Aldita Evan Prihama selaku Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FH UNNES 2021, Aditya Eri Wibowo selaku Kepala Departemen Advokasi Dema Justitia FH UGM, Indra Wicaksono selaku Presiden BEM FH UNS,  Dr. Ali Masyhar Mursyid, S.H., M.H. selaku Dosen Hukum Pidana FH UNNES, dan Prof. Dr. Martitah, M.Hum. selaku Guru Besar Hukum Tata Negara FH UNNES.

Dalam bulan April ini, Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II telah mengadakan 3 (tiga) kali pertemuan dengan para peserta. Pertemuan pertama diadakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 dengan pembicara pertama yaitu Aldita Evan Prihama selaku Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FH UNNES 2021, kemudian pertemuan kedua diadakan pada hari Sabtu, 17 April 2021 dengan pembicara kedua yaitu Aditya Eri Wibowo selaku Kepala Departemen Advokasi Dema Justitia FH UGM yang bertemakan “Strategi  Advokasi Kampus Berbasis EPH”, dan pertemuan ketiga diadakan pada hari Sabtu, 23 April 2021 dengan pembicara ketiga yaitu  Indra Wicaksono selaku Presiden BEM FH UNS yang bertemakan “Manajemen Isu, Advokasi, Aksi, dan Propaganda”.

Tidak hanya pertemuan dengan peserta di setiap hari Sabtu, salah satu rangkaian acara yang paling ditunggu – tunngu oleh para peserta dalam Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II adalah acara puncak berupa wisuda yang akan dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Univesitas Negeri Semarang, Dr. Rodiyah, S.Pd., S.H., M.Si. dan mengndang pembicara utama yaitu Prof. Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia dan Untung Setia Arimuladi selaku Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia. Selain itu, bagi para peserta yang aktif dalam mengikuti kegiatan Sekolah Pilar Advokasi (SPA) II dari awal sampai akhir kegiatan tersebut, sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta, 3 (tiga) wisudawan terbaik akan difasilitasi untuk mengikuti “Tour De University” ke 3 (tiga) universitas terkemukaka di Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.