Sekaran. Kota Semarang, 50229

#Fakultas Hukum Gemilang untuk Indonesia Maju

024-86008700 Ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

024-86008700 Ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

Sambutan Dekan

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si. Dekan FH UNNES

Puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga Fakultas Hukum hari ini 30 November 2020 telah berusia 13 tahun. Dalam kesempatan merayakan Dies Natalis Fakultas Hukum ke-13 ini, ijinkan saya menyampaikan Laporan Tahunan Dekan sebagai salah satu tradisi akademik di Fakutas Hukum.

Dies Natalis ke-13 Fakultas Hukum UNNES membawa semangat besar, “Incredible (Innovative, Creative, Dynamic, Adaptable)”, semangat ini kami jadikan tema pada usia ke-13 tahun Fakultas Hukum. Tema ini merupakan respon atas kejadian di tahun ini, dimana kita semua tengah diuji dengan cobaan berupa Pandemi Covid-19 yang tidak hanya berdampak pada satu sektor saja, melainkan semua sektor termasuk kampus kita tercinta ini.

Tema ini juga kami usung sebagai penyemangat bersama, bahwa kita yakin semua cobaan ini akan berakhir, namun kita semua harus saling mendukung, saling menjaga, dan tentunya saling mendoakan. Tema ini juga membuktikan bahwa kami, kelurga besar Fakultas Hukum UNNES mampu beradaptasi dengan cepat dengan kondisi yang tidak terduga sebelumnya, dan bahkan, meskipun dalam kondisi yang serba terbatas, kami mampu menunjukkan berbagai kreativitas dalam banyak hal, termasuk dalam pola perkuliahan yang tetap berjalan dengan sangat baik.

Tema Dies Natalis Fakultas Hukum UNNES ke-13 kali ini juga sejalan dengan program Universitas Negeri Semarang dalam menguatkan reputasi internasional UNNES sebagai World Class University, maka kami, kelurga besar FH UNNES terus melakukan inovasi, perubahan positif, meningkatkan kreativitas, dan melakukan adaptasi dengan kemajuan teknologi informasi. Sepenuhnya, tahun ini perkuliahan dilaksanakan secara daring (online) dengan memanfaatkan sistem ELENA UNNES dan media lainnya. Selain itu, berbagai kegiatan juga tetap terlaksana dengan sangat baik.

Berbagai perubahan baik secara fasilitas sarana prasana penunjang, maupun non-fisik, terus dilakukan oleh FH UNNES. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kualitas sarana prasarana di kampus FH UNNES, peningkatan standar layanan selama Pandemi, bahkan peningkatan prestasi dosen dan mahasiswa. Pandemi Covid-19 boleh saja terjadi, namun semangat untuk terus berkarya tidak boleh padam. Itulah yang kemudian mendorong keluarga besar FH UNNES secara bersama-sama dan saling bersinergi mencapai visi bersama, menuju Fakultas Hukum yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Innovative bermakna sebagai komitmen kami dalam terus melakukan inovasi dalam berbagai hal, baik itu pengajaran, pelayanan, maunpun inovasi peningkatan kualitas SDM. Inovasi ini juga sejalan dengan Creative, atau kreativitas, dimana kami terus melakukan perubahan positif dan mencoba berbagai cara dalam menukung visi misi UNNES. Sementara itu, Dynamic bermakna bahwa kami terus bergerak secara bersama-sama dalam mencapai visi misi institusi. Hingga, Adaptable, berarti bahwa kami mampu beradaptasi dalam kondisi apapun, dalam melakukan kerja-kerja perbaikan untuk menunjang visi misi UNNES dan terus melakukan kontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia.

“Fakultas Hukum berwawasan konservasi dan bereputasi internasional”, saling bersinergi dan menjalin harmoni. Meneguhkan reputasi bermakna ikut serta dan terus melakukan inovasi, terobosan, dan pengembangan prestasi-prestasi yang telah dicapai sebagai ajang pembuktian bahwa Fakultas kami, telah siap menjadi bagian penting bukan hanya bagi UNNES, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Salah satu peneguhan reputasi persatuan bangsa adalah dengan menjadikan Fakultas iconic yakni dengan dibuatnya salah satu landmark Fakultas Hukum UNNES yang baru yaitu dibuatnya Patung Prof. Dr. Mr. R. Soepomo, dalam landmark tersebut memiliki makna atau filosofi yanga tersirat yaitu adalah penegakan hukum yang berkarakter Pancasila dan menunjung tinggi persatuan. Serupa dengan pemikiran R. Soepomo yang menyebutkan “Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang bersifat integralistik, dimana bersatunya pemikiran rakyat dari golongan manapun untuk menciptakan persatuan”. Selain itu, kami juga meningkatkan layanan prima kami berstandar internasional, dengan adanya pengembangan laboratorium di Fakultas Hukum UNNES dan layanan terpadu.

Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi perhatian kami, terbukti, Dosen dan Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum pada tahun 2019 dianugerahi Juara 1 Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat UNNES.

Innovative bermakna sebagai komitmen kami dalam terus melakukan inovasi dalam berbagai hal, baik itu pengajaran, pelayanan, maunpun inovasi peningkatan kualitas SDM.

Hingga tahun 2020, Fakultas Hukum UNNES terus menjalin kerjasama internasional dan mendorong peningkatan kegiatan mobilitas internasional. Pada tahun 2020 ini telah terlaksana kerjasama penelitian dan pengembangan studi dengan beberapa kampus ternama di luar negeri, diantaranya, Universitas Southern Queensland (USQ) Australia, Faculty of Law Jindal University India, Sunggong University South Korea, Faculty of Law Thammasat University, Faculty of Law Prince Songkla, University, dan Faculty of Law, Pathumyani University Thailand. Selain itu, kerjasama dengan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Utrecht, University The Netherlands, Universität Göttingen Jerman, dan Kyoto University.

Jepang juga terjalin baik. Salah satunya adalah penyelenggaraan Konferensi Internasional Tahun 2020 yang mengundang pakar hukum dari Australia, Jerman, Jepang dan Malaysia yang sukses menghadirkan peserta tidak kurang dari 200 orang dari berbagai negara secara daring (online).

Pada tahun 2020, di usia ke – 13, kami mengucapkan Alhamdullilah, segala capaian kami tidak terlepas dari kehendak Allah Tuhan yang Kuasa, juga berkat usaha-usaha yang bagi kami bukan hanya maksimal, tetapi di atas maksimal sehingga pada tahun 2020 ini, Dosen Fakultas Hukum UNNES menambah koleksi publikasi internasional di Scopus dan Thomson Reuters. Juga pada hari ini, kami dengan sangat bangga menghadirkan 13 jurnal kami yang telah memperoleh akreditasi baik nasional maupun internasional, yakni Pandecta Research Law Journal (Sinta 2), Journal of Indonesian Legal Studies (Sinta 2), Unnes Law Journal (Sinta 3), Indonesian Journal of Criminal Law Studies (Sinta 4), Journal of Private and Commercial Law (Sinta 4), dan Lex Scientia Law Review (Sinta 4).

Selain itu, jurnal lainnya sedang dalam tahap penilaian akreditasi, dan kami berharap pada tahun ini hasil akreditasinya akan keluar dengan hasil yang memuaskan, diantaranya: Indonesian State Law Review, Indonesian Journal of Advocacy and Legal Services, Journal of Law and Legal Reform, Law Research Review Quarterly, The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, The Digest Journal of Jurisprudence and Legisprudence, dan Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia. Total ke-13 jurnal di lingkungan FH UNNES telah terakreditasi dan masuk proses akreditasi, serta terindeks oleh beberapa lembaga nasional dan internasional, seperti DOAJ, Google Scholar, Garuda Ristekdikti, dan
sebagainya.

13 Jurnal kami, pada tahun ini telah terakreditasi dan dalam proses akreditasi.

Saat ini, pada tahun 2020 ini, dua jurnal kami (Pandecta Research Law Journal dan Journal of Indonesian Legal Studies) tengah mempersiapkan diri untuk bisa mengajukan penilaian Jurnal Internasional Scopus Berbagai Pusat Studi dan Klinik Hukum yang dimiliki Fakultas Hukum UNNES pun terus meningkatkan reputasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Peningkatan reputasi ini bisa dilihat dari kerjasama berbagai pihak.

Tahun 2020 terbentuk Pusat Studi Adhyaksa (Kajian Kejaksanaan) sebagai respon positif atas pengembangan lembaga di Indonesia, selain itu Pusat Studi Anti Radikalisme dan Terorisme Fakultas Hukum menjadi mitra aktif dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia, serta Pusat Studi dan Klinik Hukum Ketenagakerjaan sukses bekerjasama dengan BNP2TKI dan Pemerintah Korea dalam menyelenggarakan seleksi tenaga kerja Indonesia Korea, dan Fakultas Hukum UNNES menjadi penanggungjawab dan penyelenggara langsung seleksi tersebut.

Pada kesempatan ini saya mewakili keluarga besar Fakultas Hukum UNNES, mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat Bapak Rektor dan pimpinan UNNES, pimpinan Fakultas di lingkungan UNNES atas segala perhatian, bantuan dan sumbang sarannya demi kemajuan Fakutas Hukum. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu dan saudara, baik dari internal UNNES maupun dari eksternal yang telah mendarma baktikan pemikiran dan kerjakerasnya meletakkan pondasi yang kokoh dan tradisi baik bagi pengembangan fakultas. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada semua tenaga kependidikan, institusi mitra, dan pihak-pihak yang telah memberikan perhatian dan bantuan dalam berbagai bentuk kepada Fakutas Hukum.

Laporan Dekan Tahun 2020 selangkapnya bisa dilihat disini.

Dirgahayu Fakutas Hukum Universitas Negeri Semarang
Fakultas Hukum …
Viva Justitia…
Jayalah Universitas Negeri Semarang…
Dekan Fakultas Hukum UNNES
Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si