Menelaah Keadilan Kita, MIH Unnes Selenggarakan Seminar Restorative Justice

FH.UNNES.AC.ID – Semarang. Banyaknya kasus bukan hanya korupsi tapi juga beberapa kasus yang mencederai rasa keadilan masyarakat. Kasus yang pernah mencuat dan menjadi perhatian publik, kasus Nenek Minah yang mencuri Kakao dan dijerat dengan pidana. Hal ini memicu Program Studi Magister Ilmu Hukum (MIH) Unnes menyelenggarakan Seminar Nasional Diskresi Kepolisian dan Restorative Justice di Indonesia, Senin (17/10) lalu di Aula Serba Guna Dekanat FH Unnes Lantai 3.

Dr Philips J Vermonte, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta, salah satu pembicara dalam seminar tersebut mengatakan bahwa angka persepsi masyarakat terhadap korupsi sangatlah memprihatinkan. Selain Philips, Dani Muhtada MPA PhD dan AKPBP Dwi Wahyono SH CN mengungkapkan bahwa Restorative Justice sebetulanya sudah ada dan banyak diterapkan namun belum ada landasan hukumnya yang jelas. Philips mengusulkan agar terciptanya keadilan dan Restorative Justice mampu dilaksanakan secara maksimal, lembaga kepolisian perlu di desentralisasi dengan melihat local wisdom dari suatu masyakat.

Seminar tersebut selain dihadiri oleh mahasiswa, juga dihadiri oleh praktisi dan akademisi. Hadir juga dari Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan beberapa kampus seperti UIN Salatiga, Undip, dan Akademi Kepolisian RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.