Sekaran. Kota Semarang, 50229

Fakultas Hukum UNNES Prestisius

02486008700 Ext 800

[email protected]

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

024-86008700 Ext 800

[email protected]

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

MBKM

Apa itu Kampus Merdeka?

Program persiapan karier yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Launching MBKM Fakultas Hukum UNNES

Kenapa kamu harus mengikuti
program-program Kampus Merdeka?

Kegiatan praktik di lapangan akan dikonversi menjadi SKS

Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester

Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal

Menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka

Program MBKM

Pertukaran Pelajar

Pertukaran pelajar diselenggarakan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa yang termaktub di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020, yaitu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

Magang/Praktik Kerja

Selama ini mahasiswa kurang mendapat pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata sehingga kurang siap bekerja. Sementara magang yang berjangka pendek (kurang dari 6 bulan) sangat tidak cukup untuk memberikan pengalaman dan kompetensi industri bagi mahasiswa. Perusahaan yang menerima magang juga menyatakan magang dalam waktu sangat pendek tidak bermanfaat, bahkan mengganggu aktivitas di Industri.

Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan

Kualitas pendidikan dasar dan menengah di Indonesia masih sangat rendah (PISA 2018 peringkat Indonesia no 7 dari bawah). Jumlah satuan pendidikan di Indonesia sangat banyak dan beragam permasalahan baik satuan pendidikan formal, non formal maupun informal. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.

Penelitian/Riset

Bagi mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti, merdeka belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga riset/pusat studi. Melalui penelitian mahasiswa dapat membangung cara berpikir kritis, hal yang sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan lebih mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik. Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan keinginan berprofesi dalam bidang riset, peluang untuk magang di laboratorium pusat riset merupakan dambaan mereka. Selain itu, Laboratorium/ Lembaga riset terkadang kekurangan asisten peneliti saat mengerjakan proyek riset yang berjangka pendek (1 semester – 1 tahun).

Proyek Kemanusiaan

Mahasiswa mengembangkan dan melatih diri untuk memiliki kepekaan sosial, untuk menggali dan mendalami permasalahan yang ada agar dapat diselesaikan sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing. Selain itu mahasiswa juga mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. Kegiatan ini harus didampingi oleh dosen pembimbing

Kegiatan Wirausaha

Berdasarkan Global Entrepreneurship Index (GEI) pada tahun 2018, Indonesia hanya memiliki skor 21% wirausahawan dari berbagai bidang pekerjaan, atau peringkat 94 dari 137 negara yang disurvei. Sementara menurut riset darn IDN Research Institute tahun 2019, 69,1% millennial di Indonesia memiliki minat untuk berwirausaha. Sayangnya, potensi wirausaha bagi generasi milenial tersebut belum dapat dikelola dengan baik selama ini. Kebijakan Kampus Merdeka mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai.

Studi/Proyek Independen

Banyak mahasiswa yang memiliki passion untuk mewujudkan karya besar yang dilombakan di tingkat internasional atau karya dari ide yang inovatif. Idealnya, studi/proyek independen dijalankan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang sudah diambil oleh mahasiswa. Perguruan tinggi atau fakultas juga dapat menjadikan studi independen untuk melangkapi topik yang tidak termasuk dalam jadwal perkuliahan, tetapi masih tersedia dalam silabus program studi atau fakultas. Kegiatan proyek independent dapat dilakukan dalam bentuk kerja kelompok lintas disiplin keilmuan.

Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik.

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa. Kegiatan KKNT diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Sejauh ini perguruan tinggi sudah menjalankan program KKNT, hanya saja Satuan Kredit Semesternya (SKS) belum bisa atau dapat diakui sesuai dengan program kampus merdeka yang pengakuan kreditnya setara 6 – 12 bulan atau 20 – 40 SKS, dengan pelaksanaannya berdasarkan beberapa model. Diharapkan juga setelah pelaksanaan KKNT, mahasiswa dapat menuliskan hal-hal yang dilakukannya beserta hasilnya dalam bentuk tugas akhir.

Program yang dibuka

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa sarjana Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Mohon diperhatikan bahwa program ini terbuka untuk mahasiswa S1 saja. 

Persyaratan untuk mahasiswa S1:

  • Angkatan 2019 & 2020
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik lisan maupun tulisan (dibuktikan dengan sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku dan sesuai standar masing-masing host university dengan persyaratan minimum yang telah ditetapkan)
  • Bersedia mengikuti segala aturan yang berlaku baik dari UNNES, Kemdikbudristek maupun host university.
  • Tidak sedang mengikuti program exchange/virtual exchange pada semester/waktu yang sama.
  • Tidak diperkenankan menerima double funding dari beasiswa Kemdikburistek lainnya
    – Penerima Beasiswa Bidik Misi diharuskan menonaktifkan status Bidik Misi pada semester keberangkatan IISMA
    – Penerima Beasiswa Unggulan tidak diperkenankan mendaftar IISMA

Buku Panduan (unduh disini)
Mahasiswa yang akan mendaftar bisa disampaikan melalui chat Group Telegram.

Permata LPTK adalah Program Pertukaran Mahasiswa secara daring (Dalam Jaringan) yang diselenggarakan oleh 7 Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telak melaksanakan Revitalisasi LPTK Tahun 2021. Pendaftaran dan pengelolaan Permata LPTK menggunakan aplikasi berbasis website pada https://permatalptk.id. Tujuan program Permata adalah melakukan pertukaran mahasiswa antara LPTK di Indonesia. Fungsi : support system untuk kelancaran, pendataan dan efektivitas tata kelola pertukaran mahasiswa. Manfaat. Memudahkan proses pendaftaran, pencatatan data pertukaran mahasiswa, kemudahan dalam integrasi sistem pembelajaran (SPADA) dan inline dengan sistem paloran PD-DIKTI.

Persyaratan :

  • Mahasiswa aktif minimal semester 4 program sarjana kependidikan
  • IPK Minimal 2.75
  • Mendaftar pada Admin LPT atau Admin Program Studi yang telah ditetapkan

Informasi Pendaftaran
Pendaftaran : 01 – 05 Februari 2022
Verifikasi : 07-11 Februari 2022
Muliah Kuliah : 14 Februari 2022
Akhir Perkuliahan : 3 Juni 2022
Ujian Akhir : 06-10 Juni 2022

Flayer Panduan (unduh disini)
Mahasiswa yang akan mendaftar bisa disampaikan melalui chat Group Telegram.