Sekaran. Kota Semarang, 50229

Bring The Justice Through International Recognition

024-86008700 Ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

024-86008700 Ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Marvelaw UNNES Competition (MUC)

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Marvelaw Unnes Competition (MUC) merupakan ajang kompetisi hukum nasional yang terdiri dari berbagai kegiatan yaitu Legal Opinion dan Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Kompetisi ini mengusung tema “Reformasi Hukum Indonesia Dalam Menghadapi Era Kerja Hybrid”. Kompetisi ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas hukum universitas se-Indonesia untuk memberikan solusi terhadap permasalahan di Indonesia.

Nama Marvelaw ini diambil dari kata marvelous yang berarti menakjubkan dan law yang berarti hukum. Gabungan dari dua kata tersebut menjadi Marvelaw ditambah dengan nama ”UNNES” dan “Competition” memiliki arti bahwa Fakultas Hukum UNNES merupakan fakultas yang menakjubkan di UNNES dan akan mengadakan acara yang juga tak akan kalah mengagumkan.  Serangkaian Marvelaw UNNES 2021 selain menjadi ajang berkompetisi dan sebagai sarana kreatif mahasiswa Fakultas Hukum UNNES, acara tersebut juga menjadi suatu ajang menjalin komunikasi dengan Fakultas Hukum lain yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi sangat penting karena selain bermanfaat untuk Fakultas Hukum UNNES, acara ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia karena dapat menjadi tempat menjalin relasi akademik secara luas.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memunculkan ide dan gagasan progresif dikalangan mahasiswa dalam menghadapi era kerja hybrid serta menciptakan mahasiswa berbudaya konstitusi yang sadar akan hukum, bersikap kritis, analitis, dan solutif melalui diskusi intelektual terhadap permasalahan bangsa. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 s.d 14 November 2021 sekaligus dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Fakultas Hukum UNNES yang ke-14.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan dalam kegiatan Marvelaw Unnes Competition 2021, meliputi :

1.​Webinar Nasional

2.​Kompetisi Legal Opinion

3.​Kompetisi Debat Hukum Nasional

Webinar Nasional :

Webinar Nasional dalam rangka memperingati Dies Natalis FH Unnes dengan judul “EVALUASI KEBIJAKAN PEMERINTAH SELAMA PANDEMI COVID-19 : SEJAHTERAKAH TENAGA KERJA INDONESIA?”.

Rumusan Masalah :

a. Kebijakan Subsidi Dan Bantuan Langsung Selama Era Kerja Hybrid: Sudahkan Menjamin Kesejahteraan Para Tenaga Kerja?

b. Tenaga Kerja Lokal VS Tenaga Kerja Asing, Siapa Yang Lebih diPrioritaskan?

c. Tenaga Kesehatan Vs Pejabat Pemerintahan Dalam Program Vaksinasi Covid-19 Dosis Ketiga (Booster): Siapa Yang Lebih Diprioritaskan?

Legal Opinion:

Lomba ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum se-Indonesia. Dalam kompetisi ini, seluruh peserta dapat mengungkapkan argumentasi-argumentasi mengenai analisisnya terhadap permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan tema yang diusung. Kompetisi terdiri dari 2 (dua) babak yaitu babak penyisihan berkas dan final. Adapun hadiah yang akan diperoleh oleh para peserta adalah sebagai berikut :

a. ​Juara 1 (Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) + Sertifikat Penghargaan + Trophy

b.​Juara 2 (Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) + Sertifikat Penghargaan + Trophy

c. ​Juara 3 (Uang Pembinaan sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) + Sertifikat Penghargaan + Trophy

d.​Presentasi terbaik (Uang Pembinaan sebesar Rp. 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah) + Sertifikat Penghargaan

Lomba debat :

Peserta lomba debat hukum nasional ini adalah mahasiswa-mahasiswi aktif Strata 1 (S-1) Fakultas Hukum dari seluruh universitas di Indonesia. Dimana ada pihak yang pro/affirmative team dan ada pihak yang kontra / negative team terhadap suatu isu-isu terkini yang berkaitan dengan Hukum Nasional. Penilaian terhadap masing-masing tim/perseorangan didasarkan isi argumen, kemampuan mereka untuk berargumen dengan baik serta mempertahankan argumennya. Tim penilai akan diserahkan kepada Tim Juri yang independen. Adapun hadiah yang akan diperoleh oleh para peserta adalah sebagai berikut :

a. ​Juara 1 Piala + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp. 5.000.000,00

(lima juta rupiah)

b.​Juara 2 Piala + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp. 3.000.000,00

(tiga juta rupiah)

c. ​Juara 3 Piala + Sertifikat + Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,00

(dua juta rupiah)

d.​Best Speaker Sertifikat + Uang Pembinaan Rp. 500.000,00

(lima ratus ribu rupiah)

Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa dalam berkontribusi serta diharapkan mahasiwa dalam lebih berfikir kritis. Dengan berpikir kritis inilah, mahasiswa diharapkan dapat menjadi agent of change sehingga memberikan sebuah dampak yang baik demi perkembangan kehidupan bangsa dan Negara Indonesia.

Kesuksesan acara ini sangat bergantung pada sinergi, partisipasi, dan kerjasama dari semua pihak.Kami berharap proposal ini mampu menjadi jembatan dalam menjalin kerjasama dalam mengusung kegiatan “Marvelaw UNNES Competition 2021” sehingga, kemanfaatan dapat dirasakan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *