Maksimalkan Potensi Desa Guci Tegal, FH Unnes Adakan Pengabdian BUMDes

FH.UNNES.AC.ID – Semarang. Besarnya potensi Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal mendorong Fakultas Hukum Unnes yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat FH UNNES mengadakan Sosialisasi dan Pengarahan Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMNDes) di Desa Guci Kacamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Dani Muhtada PhD, Dosen FH Unnes mengungkapkan bahwa potensi Desa Guci yang besar seharusnya bisa dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat. “Beberapa desa telah sukses membuta BUMDes, kuncinya adalah melihat potensi dan kira-kira apa yang diperlukan masyarakat”, ungkap Dani Muhtada.

Senada dengan Dani Muhtada, Dekan FH Dr Rodiyah SPd SH MSi mengungkapkan bahwa potensi Desa Guci sebagai salah satu alternatif wisata di Jawa Tengah bisa dikelola secara maksimal. “Guci ini banyak potensinya, dan pengelolaan oleh masyarakat Desa Guci nampaknya bisa membuka banyak sekali lapangan pekerjaan dan pengelolaan yang lebih baik”, ungkapnya.

Desa Guci merupakan salah satu desa yang terkenal dengan wisata pemandian air hangatnya. Desa Guci berada di bawah kaki Gunung Slamet menyimpan banyak potensi, tidak hanya pariwisata, tetapi juga pertanian dan kebudayaan. Agrowisata juga menjadi andalan dari desa ini. Selain itu, banyaknya penginapan dan berdiri di daerah Desa Guci bisa dikelola dengan baik untuk usaha desa yang lebih mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.