(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Lex Scientia FH UNNES Selenggarakan Workshop Nasional Penulisan Artikel Hukum

Bidang Kemahasiswaan dan UKM Lex Scientia Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang telah menyelenggarakan serangkaian acara Workshop Nasional Penulisan Artikel Hukum pada Sabtu, 19 Desember 2020 melalui media teleconference Zoom. Kegiatan workshop ini merupakan rangakain acara Lex Scientia Law Review Student Colloquium. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Pembina Lex Scientia Law Review, Bapak Ridwan Arifin S.H., LL.M. Acara ini bersifat terbuka untuk para dosen dan mahasiswa ilmu hukum di Indonesia.

Acara workshop berlangsung mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 11:45 WIB dengan teknis dipandu oleh Indah Maryani selaku Master of Ceremony (MC) dan Krisyulaeni selaku moderator. Acara ini dibuka dengan pemberian sambutan oleh Direktur Lex Scientia periode 2019.2020, Achmad Rizal Nuranto dan Direktur Terpilih periode 2020/2021, Taufik Suprianto. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Pembina Lex Scientia, Ibu Waspiah Tangwun, S.H., M.H. dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FH UNNES, Bapak Tri Sulistiyono, S.H., M.H. Selain itu, tim prestasi FH UNNES juga diundang dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya yang sangat inspiratif.

Acara inti pertama adalah pemberian materi oleh narasumber luar biasa, Zaka Firma Aditya, S.H., M.H. Beliau adalah alumni Fakultas Hukum UNNES dan sekarang menjabat sebagai Managing Editor Journal of Constitusional Review, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Materi yang diberikannya sangat menginspirasi para mahasiswa untuk selalu giat menulis artikel hukum dan melakukan publikasi artikel hukum, baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional. Beliau mengatakan bahwa semua profesi di bidang hukum pasti ada tuntutan untuk menulis, terutama secara sistematis. Sebagai contoh, bilamana seorang hakim akan membuat putusan maka yang akan dilakukannya pasti menuis, begitu pula jika seorang jaksa yang akan membuat tuntutan.

Acara inti berikutnya adalah pemaparan materi dari pembicara kedua, yaitu Raden Muhammad Arvy Ilyasa. Beliau merupakan Editor in Chief Journal of Lex Scientia Law Review periode 2019/2020 sekaligus sebagai Wakil Direktur Lex Scientia FH UNNES periode 2019/2020. Beliau ini juga merupakan mahasiswa aktif dan beprestasi di FH UNNES, banyak sekali prestasi yang telah diraihnya mulai dari publikasi, menjadi presenter konferensi internasional, hingga kejuaraan dalam lomba essay dan karya tulis ilmiah. Jadi, pemateri satu ini tidak diragukan lagi komitmennya untuk menjadi seorang penulis profesional.

Serangkaian acara Workshop Kepenulisan Jurnal diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis dan brainstorming seluruh mahasiswa sarjana hukum di Indonesia. Acara ini diadakan dengan melihat urgensi bahwa setiap mahasiswa hukum harus mempunyai kemampuan menulis yang sistematis dan kemampuan analisis yang kritis. Dengan menulis akan tercipta publikasi yang abadi sehingga nama dan jiwanya tetap hidup meskipun raganya tidak bisa membersamai lagi.

Penulis: Ayu Putri Rainah Petung Banjaransari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.