(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Pilihan Bahasa :
ID: | EN:

Fasilitas Kampus

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:08-07:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:18-07:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya
0
0
Universitas Negeri Semarang

Fasilitas Kampus

Berbagai fasilitas kampus di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang disediakan untuk mendukung mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik selama menempuh studinya. Kampus FH UNNES dirancang untuk menyatukan orang, tempat, dan program yang mendukung tumbuhnya budaya akademik dan interaksi yang positif baik di dalam maupun di luar kelas.

Fakultas Hukum UNNES memiliki fasilitas pendukung yang memastikan seluruh sivitas akademika dan para pemangku kepentingan dapat merasakan manfaatnya. Fasilitas-fasilitas pendukung ini dapat diakses oleh dosen, tendik, mahasiswa, alumni, serta masyarakat umum. Berikut fasilitas yang disediakan Fakultas Hukum UNNES.

Ruang Laboratorium

IMG_1953

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi hukum melalui berbagai kegiatan cerdas dalam Laboratorium adalah usaha yang tidak dapat diabaikan untuk masa sekarang dan mendatang. Karena syarat utama bagi setiap Sarjana Hukum yang merasa terpanggil untuk dapat berperan elegan didalam masyarakat modern harus didasari kemampuan yang baik. Atas dasar pemikiran tersebut ruang Laboratorium Fakultas Hukum terbagi menjadi dua bagian yaitu ruang praktek dan ruang ketua Laboratorium, ruang ketua Laboratorium bersebelahan dengan ruang audio yang dilengkapi dengan beberapa komputer. Ruang praktek meskipun diperuntukan pada setiap bagian Fakultas Hukum, namum Laboratorium Fakultas Hukum berada dalam satu ruang dengan memiliki komputer dan berbagai alat praktek mata kuliah bidang hukum.

Laboratorium bagi Fakultas Hukum menjadi salah satu sarana pengembangan karakter mahasiswa, menyiapkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang memiliki kompetensi yang unggul dan kompetitif

Ruang Perkuliahan

Ruang kuliah dalam menunjang proses belajar mengajar terdiri atas 18 ruangan masing-masing ruangan memiliki kapasitas 50 kursi. Ruangan-ruangan tersebut merupakan ruangan yang digunakan untuk perkuliahan mahasiswa. Ruangan dilengkap whiteboard, layar LCD, Kursi, Meja, Wifi dan AC.

Ruang Seminar/Pertemuan

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi hukum melalui berbagai kegiatan termasuk Seminar, FGD dan Konferensi. Kegiatan ini memerlukan tempat yang representatif. Fakultas Hukum UNNES memilik ruang untuk kegiatan tersebut, Ruang terletak di Gedung Dekanat (K) Gedung Serba Gung GSG berada di Lantai 3 dan Ruang Aula di Gedung K3 Lantai 3. 

Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang merupakan unsur pelaksana teknis fakultas yang berfungsi menunjang program pendidikan, penelitian dan pengabidan kepada masyarakat. Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang menyediakan berbagai macam bahan-bahan pustaka seperti buku-buku teks, jurnal ilmiah, skripsi, referensi yang dapat ditelusuri baik secara manual, maupun melalui komputer dan bahan-bahan lain yang berkaitan dengan kurikulum. Koleksi perpustakaan dapat dipinjam atau hanya boleh di baca di tempat. Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang juga dilengkapi ruang baca yang cukup representatif, sehingga diharapkan dapat menambah kenyamanan pengunjung atau anggota perpustakaan. Pengelolaan Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang berada dibawah Kepala Unit Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.

Lokasi : Ruang Perpustakaan ini menempati seluruh Gedung K2 Lantai 2 dan 3, yang dilengkapi dengan meja dan kursi baca, laci katalog, rak buku, serta komputer informasi. Lantai 2 (K2. 201) dipergunakan untuk layanan sirkulasi, berupa peminjaman dan pengembalian buku, dilengkapi dengan fasilitas workstation untuk keperluan penelusuran buku secara otomasi, hotspot, dan ruang baca, locker- tempat penyimpanan tas/map/jacket dsb sebelum memasuki ruang baca. Lantai 3 (K2.301) dipergunakan untuk penyimpanan buku sirkulasi (dipinjamkan), buku referensi, jurnal, laporan penelitian (skripsi dan laporan praktek kerja lapangan (PKL).

Laman yang bisa dikunjungi : http://perpus.fh.unnes.ac.id

Pusat Kegiatan Kemahasiswaan (PKM)

Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) merupakan tempat berbagai kegiatan mahasiswa Fakultas Hukum UNNES. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Kemahasiswaan ditingkat Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang terdiri dari, (1) Kongres Mahasiswa Hukum (KHM), (2) Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF), (3) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEMF), (4) Badan Semi Otonom (BSO) dan (5) Kelompok Belajar.

Sarana Ibadah

Musolah Fakultas Hukum ini terletak di area kampus sebelah barat, berdiri dan diresmikan pada tahun 2015. Selain diperuntukan beribadah, musolah ini juga sebagai pusat kegiatan lembaga dan mahasiswa muslim di kampus yang yang berpikiran modern (beriman dan berilmu) yang tentunya bisa melaksanakan ajaran Islam dengan baik serta dapat mengatasi permasalahan agama. Rutinitas kegiatan sering dilaksanakan oleh BSO Keluarga Islam Fakultas Hukum (KIFH).

Gazebo

Gazebo di Fakultas Hukum digunakan sebagai tempat untuk belajar, baik sendiri maupun berkelompok. Secara umumnya gazebo dikampus UNNES dibangun dengan area atau ruangan yang cukup luas. Karena banyak yang menggunakannya. Dalam mewujudkan kampus yang bereputasi, maksud dibanggunnya Gazebo ini adalah salah satunya sebagai sarana untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa, karena di gazebo mahasiswa dapat belajar secara berkelompok maupun mandiri.

Gazebo ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara semaksimal mungkin untuk menunjang pembelajaran di kampus dan tentunya digunakan dengan penuh tanggung jawab dengan tetap merawat.

Free Wifi

Jaringan internet di Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang dapat diakses dengan kecepatan internet sebesar 75-80 Mbps hal ini karena didukung dengan koneksi menggunakan serat optik antar fakultas. Untuk memberikan kenyamanan kepada dosen, mahasiswa dan sivitas akademika dalam mengakses internet telah tersebar hotspot di seluruh wilayah kampus yang dapat digunakan secara gratis.

Mulai tahun 2020, fakultas sudah menggunakan layanan akses wifi UNNES-ID dan EDUROAM. Untuk mengakses layanan ini, dosen dan mahasiswa cukup login menggunakan Email UNNES dan PIN yang sudah di share melalui bot telegram masing-masing. Panduan penggunaan layanan wifi bisa dilihat disini.