(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Pembinaan Mahasiswa

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:08-07:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:18-07:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya
0
Universitas Negeri Semarang

Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang dalam melaksanakan pembinaan membentuk wadah kegiatan mahasiswa  sebagai upaya peningkatan kualitas mahasiswa dalam peran dan fungsi mahasiswa di lingkungan akademik maupun di masyarakat. Organisasi kemahasiswaan di fakultas merupakan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian. Wadah atau organisasi kemahasiswaan merupakan lembaga otonomi di lingkungan Fakultas Hukum yang masing – masing memiliki spesifikasi kegiatan. Pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan Fakultas Hukum UNNES diarahkan untuk mengembangkan kepribadian yang sehat dan tangguh, unggul dalam berfikir analistis dan kritis, berilmu tinggi dan terampil, bermoral taqwa dan berbudi luhur serta berkarakter Pancasila sebagai perwujudan mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi daya saing bangsa.

Pembinaan kegiaatan kemahasiswaan di Fakultas Hukum dilakukan oleh Dekan melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Subbag. Akademik dan Kemahasiswaan. Secara garis besar tugas pokok Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan adalah sebagai berikut :

  1. membantu Dekan dalam mengkoordinasi dan melaksanakan kegiatan pembinaan kemahasiswaan serta layanan kesejahteraan mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum,
  2. menyusun rencana dan program kerja bidang kemahasiswaan sebagai pedoman kerja dalam pelaksanaan tugas,
  3. melaksanakan administrasi kegiatan bidang kemahasiswaan,
  4. menyusun laporan kegiatan kemahasiswaan.

Saat ini terdapat berbagai organisasi yang merupakan perwujudan keinginan dari, oleh dan untuk mahasiswa yang meliputi penalaran keilmuan, minat dan kegemaran serta upaya perbaikan kesejahteraan dan kerohaniaan mahasiswa di perguruan tinggi.

Penalaran Mahasiswa: Merupakan Kegiatan yang mencakup kegiatan pembinaan dan pengembangan untuk membentuk tenaga ahli akademik dan profesional yang cendekiawan dan melakukan analisis yang tajam, jujur, terbuka, cermat, tekun, disiplin, objektif dan bertanggung jawab. Jenis jenis kegiatan bidang penalaran antara lain meliputi penelitian institusional, seminar akademik, karya inovatif produktif, karya tulis, penerbitan dan pelaksanaan manajemen kepemimpinan.

Minat dan Kegemaran: Minat dan kegemaran mahasiswa adalah kegiatan yang mencakup pembinaan dan pengembangan minat (interest) nalar (talent) dan kegemaran (hoby) guna peningkatan semangat kreativitas dan idealisme guna mendukung upaya peningkatan kemampuan penalaran dan profesionalisme mahasiswa (intellectual quality) dalam mencapai tujuan pendidikan tinggi. Jenis kegiatan tersebut terwadahi dalam kepramukaan, paduan suara.

Kesejahteraan dan Kerohanian Mahasiswa: Bidang kesejahteraan adalah kegiatan mencakup pembinaan dan pengembangan jiwa, kepribadian, keagamaan dan walfare, mahasiswa berupa pelayanan, rangsangan, penyediaan fasilitas guna mendukung upaya peningkatan semangat kemampuan penghayatan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Jenis kegiatan ini meliputi : kerohanian, bimbingan konseling, beasiswa, koperasi/kewirausahaan mahasiswa dan lain-lain.