(024) 8508077 ext 800

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Implementasi Kerjasama, Klinik Pertanahan FH UNNES & Kantor Pertanahan Kota Semarang adakan Webinar Agraria

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Klinik Pertanahan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang dan Kantor Pertanahan Nasional Kota Semarang mengadakan web seminar (Webinar) dengan tema Revolusi Industri 4.0 : Sistem Hak Tanggungan Elektronik dan Upaya Pemeliharaan Data dalam Kegiatan Pendaftaran Tanah, Kamis (15/4).

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Dr Rodiyah. Dalam sambutanya Rodiyah mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya panitia sudah mengkonstruksi fenomena dan kebutuhan kuriositas para mahasiswa dan penggiat akademik akan tema yang diusung dalam diskusi kali ini yakni terkait revolusi industri 4.0 : sistem hak tanggungan elektronik dan upaya pemeliharaan data dalam kegiatan pendaftaran.

“Memang dalam konteks negara bangsa indonesia, sebagai negara kepulauan. dengan terbatasnya baik dalam keterbatasan daya dukung, daya tampung maka terkait penataan tanah kemudian menggunakan sistem elektonik selaras dengan revolusi 4.0, dimana kita harus dan ditutut memiliki literasi yang bagus dalam digital, big data sekaligus adalah kemanusiaan. Bagaimana tetap didalam sistem elektonik sebagai upaya pemeliharaan data didalam kegiatan pendaftaran tanah ini, juga apakah mampu memelihari dan atau kemudian memberikan nilai nilai yang ada tetap terpelihara dan tetap dengan menggunakan hak-hak yang terpelihara dengan hak adat masyarakat indonesia”, ujar Dekan dalam sambutannya.

Narasumber yang hadir dalam webinar ini Bapak Sigit Rachmawan Adhi, ST MM selaku kepala kantor pertanahan kota semarang dengan penyampaian materi terkait Renstra dan Arah Kebijakan-Strategi Nasional BPN dan Dr. Suhadi, SH MSi Ketua Klinik Pertanahan FH UNNES dengan penyampaian materi terkait sistem hak tanggungan elektronik: perspektif hukum dan masyarakat.

Acara yang dimoderatori oleh Dr Rofi Wahanisa SH MH ini berjalan dengan lancar. Hampir 300 peserta hadir dalam aplikasi Zoom Meeting, peserta yang tidak masuk zoom melihat tayangan secara live Streaming melalui channel Youtube FH UNNES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.