(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07.00 s.d 16.00

Senin s.d Jumat

Pilihan Bahasa :
ID: | EN:

Pusat Kajian dan Studi

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:08-07:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Universitas Negeri Semarang
2016-03-14T15:19:18-07:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya
0
0
Universitas Negeri Semarang

Pusat Kajian Pancasila dan Konstitusi (PKPK)

Visi

Menjadi penggerak dan pendorong terwujudnya Pancasila cita hukum Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Misi

  • Melakukan pengkajian terhadap praktik hukum dan kenegaraan dengan mengacu kepada Pancasila sebagai cita hukum Indonesia dan UUD NRI 1945 sebagai hukum dasar
  • Melakukan kegiatan guna meningkatkan pemahaman dan budaya hukum masyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
  • Menjalin kerjasama dengan institusi mitra dalam rangka mewujudkan negara Indonesia sebagai negara hukum yang demokratis dan berkeadilan sosial

Tujuan

  • Melembagakan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan kenegaraan terutama dalam pembentukan dan penegakan hukum
  • Membudayakan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa melalui pendidikan

Pusat Studi ASEAN (PSA)

Pusat Studi ASEAN (PSA) FH UNNES, merupakan salah satu pusat studi di fakultas hukum Universitas Negeri Semarang. PSA FH UNNES didirikan Pada Tahun 2016 atas Kerjasama Antara FH UNNES dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Visi :

mendukung pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi terutama dalam melakukan penelitian-penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang isu-isu strategis ASEAN, menyediakan dan memberikan informasi terkait perkembangan terbaru ASEAN serta melakukan kegiatan publikasi akademik tentang ASEAN.

Misi :

  • Mengembangkan penelitian-penelitian tentang isu-isu strategis ASEAN bagi dosen maupun mahasiswa dalam bidang kajian Ilmu Hukum
  • Mendukung program kerja ASEAN yang diselaraskan dengan program Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas Konservasi bertaraf Internasional
  • Menyediakan jasa pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan informasi tentang ASEAN
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik perguruan tinggi maupun institusi lain baik dalam maupun luar negeri.

Maksud dan Tujuan :

  • Pengembangan Pusat Studi ASEAN sebagai lembaga yang melakukan riset, konsultasi, dan publikasi, untuk mempromosikan kerja sama ASEAN kepada para pemangku kepentingan;
  • Peningkatan dan Pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan, pelatihan, workshop, lokakarya, seminar dan diskusi tentang ASEAN;
  • Penelitian/pengkajian ilmiah mengenai masalah-masalah hubungan dan kerja sama regional ASEAN;
  • Pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan sosialisasi dan diseminasi, penyuluhan, ceramah dan dialog tentang ASEAN.

Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror)

Pada tahun 2015, dimulailah diskusi tentang perlunya didirikan lembaga kajian yang berfokus pada Radikalisme dan Terorisme di lingkungan kampus mengingat :

  • Belum banyak pusat studi yang membahas radikalisme dan terorisme
  • Keinginan FH menjadi rujukan studi khususnya studi radikalisme dan terorisme
  • Sumbangsih untuk reputasi UNNES
  • Trade Mark FH UNNES

Pada tahun 2016, secara informal dibentuk Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror) FH UNNES. Pada tahun 2017, Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror) diformalkan dengan SK Dekan No. 2/P/2017.

Kepengurusan Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror) dipimpin oleh seorang ketua, sekretaris dan dibantu 3 orang coordinator divisi :

  1. Koordinator Divisi Studi Radikalisme
  2. Koordinator Divisi Studi Terorisme
  3. Koordinator Divisi Studi Kebijakan

Adapun proyeksi kegiatan Pusat Studi Radikalisme dan Terorisme (Pusara Teror) FH UNNES antara lain : promosi, tracer jejaring kerjasama, penelitian pusat kajian, study banding BNPT, kajian radikalisme, dan kajian terorisme.

Pusat Kajian dan Bantuan Hukum (PKBH)

PKBH (Pusat Kajian dan Bantuan Hukum) FH UNNES merupakan pusat   studi yang bergerak dalam bidang kajian hukum secara luas dan pelayanan konsultasi dan bantuan hukum bagi masyarakat baik litigasi maupun non litigasi berdasarkan asas kepastian, keadilan dan kemanfaatan.

Pusat Kajian Pendidikan Anti Korupsi (PKPAK)

Pusat Kajian Pendidikan Anti Korupsi (PKPAK)

Pusat Kajian Regulasi dan Kebijakan Publik (PKRKP)

The Center for Regulation and Public Policy Studies, or Pusat Kajian Regulasi dan Kebijakan Publik (PKRKP), is one of the research centers at the Faculty of Law, State University of Semarang, that is dedicated to studying various regulations and public policies in Indonesia. The mission of this center is to become a learning and research center that can assist the government and society by ensuring that the regulations and public policies made in Indonesia are oriented towards the public interest and are in accordance with existing laws and regulations. To achieve this mission, this Research Center carries out several activities, including research, discussions and seminars related to current issues around regulation and public policy. This Research Center also establishes various collaborative networks with government institutions and civil society organizations, both at the local, national and international levels.

Pusat Kajian Ekonomi dan Syariah (PKES)

Kelompok studi ini dibentuk untuk menjadi wadah studi tentang perkembangan sistem ekonomi Islam di Indonesia. Berkembangnya ilmu ekonomi syariah berwawasan keindonesiaan melalui pengkajian dan riset ilmiah. Klinik ini dikembangkan sebagai unsur penunjang pendidikan di bidang ekonomi syariah. Adapun kegiatan dan program kerjanya meliputi, melakukan penelitian; melakukan kegiatan yang bersifat edukatif bagi mahasiswa dan masyarakat dan menjalin kerja sama dan pengembangan di bidang ekonomi syariah.

Pengelola : Kepala Pusat Studi, Dr. Duhita Driyah Suprapti, S.H., M.Hum. Narahubung, Duhita 0822 3399 9995 dan Nurul 0899 5995 988

Pusat Kajian Putusan Peradilan (PKPP)

Reformasi lembaga peradilan telah membawa angin perubahan yg cukup besar bagi perkembangan pengetahuan hukum di Indonesia. informasi hukum yg sebelumnya sangat sukar diakses, sekarang ini dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Salah satu program reformasi lembaga peradilan adalah diluncurkannya direktori putusan pengadilan yg menyediakan putusan-putusan secara gratis. Direktori putusan MA telah menyediakan banyak sekali data berupa kasus konkret yg dapat menjadi sumber pengetahuan hukum.

Pusat Studi Putusan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang hadir untuk merespon terbukanya akses putusan peradilan. Bagi pendidikan tinggi hukum, putusan pengadilan menjadi media yg sangat penting dalam pembelajaran dan melatih mahasiswa dalam memahami penerapan hukum didalam suatu kasus konkret. Putusan pengadilan menjadi media mahasiswa dalam memahami fakta hukum, pertimbangan hukum, penerapan doktrin dan aturan, dan amar putusan. Program yg disusun oleh Pusat Studi Putusan ini diantaranya Bedah Putusan yg memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mempelajari satu putusan tertentu untuk didiskusikan penerapan hukum dalam suatu kasus konkret. Bedah putusan biasanya memilih kasus yang kompleksitas fakta hukumnya sangat besar sehingga menarik untuk dikaji sebagai bahan pembelajaran dan bahkan dapat dijadikan sebagai yurisprudensi kedepannya.

Selain bedah putusan, program yang dijalan adalah penelitian putusan. Fakultas hukum sebagai salah satu bagian dari perguruan tinggi mengemban tugas untuk mengembangkan keilmuan hukum bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan peradaban masyarakat dalam menemukan formula yang tepat untuk menciptakan hukum yang dapat memberikan kebenaran dan keadilan yang hakiki bagi umat manusia. Pengembangan ilmu hukum dapat dilakukan dengan melakukan penelitian yang memanfaatkan putusan-putusan dalam direktori putusan. Setiap perkara dengan karakter khasnya masing-masing mengandung kekayaan pengetahuan yang perlu teliti dan ditemukan melalui penelitian. Penelitan ini tidak terbatas penelitian secara normatif, sesuai bidang perkara masing-masing seperti perdata, pidana dan HTN-HAN, tetapi juga penelitian dalam lingkup penelitian sosio-legal untuk memperkaya wacana hukum sebagai variabel dependent didalam masyarakat.

Pusat Studi Adhyaksa (PUSDYAK)

Pusat studi ini didirikan didasarkan latar belakang yang pertama peran sentral Kejaksaan Republik Indonesia dalam sistem penegakan hukum di Indonesia, baik dalam legal substansi, legal structure, maupun legal culture, kedua posisi kejaksaan dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia, ketiga reformasi kejaksaan sebagai amanat reformasi dan keempat Akses masyarakat dalam memperoleh keadilan.

Pusat Studi Adhyaksa (PUSDYAK) ini memiliki visi menjadi sumber referensi kebijakan nasional dalam pengembangan lembaga kejaksaan. Dengan misi, pertama melakukan pengkajian, penelitian dan evaluasi akademik lembaga kejaksaan secara berkelanjutan, kedua melakukan pengkajian, penelitian dan evaluasi akademik terhadap produk hukum yang dikeluarkan jaksa dalam sistem peradilan pidana Indonesia dan ketiga berperan aktif dalam sosialisasi kepada masyarakat atas pelayanan publik lembaga kejaksaan.