logo

(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Riset dan Publikasi

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya
Penelitian

Kegiatan Penelitian merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi dan sebagai tanggung jawab ilmiah kampus (dosen) perlu diapresiasi dengan cara melaksanakan penelitian secara optimal. Untuk itu fakultas memberi dukungan penuh termasuk biaya kepada para dosen untuk dapat menghasilkan penelitian-penelitian di bidang Ilmu Hukum yang berkualitas dan dapat memberi sumbangan nyata bagi pengembangan  UNNES menuju taraf internasional

Saat ini jumlah dosen Fakultas Hukum UNNES adalah 46 orang dan dosen Magister Ilmu Hukum sebanyak 9 orang. Selama 3 tahun terakhir, semua dosen telah melakukan penelitian baik sebagai anggota maupun ketua. Disamping penelitian yang didanai oleh Fakultas maupun Universitas melalui dana PNBP dan rupiah murni. Beberapa dosen Fakultas Hukum telah memperoleh dana penelitian DP2M. Selama tiga tahun terakhir, jumlah dosen yang mendapatkan dana hibah penelitian dari DP2M sejumlah 10 judul, sehingga untuk kegiatan penelitian yang bersifat kompetitif, kinerja dosen sudah sangat baik. Namun demikian, upaya-upaya mendorong dosen untuk terus meningkatkan penelitian dosen, universitas dan fakultas memberikan penawaran kepada dosen serta meningkatkan jumlah anggaran kegiatan.  Untuk memberikan apresiasi kepada para peneliti, fakultas dan universitas memprogramkan kegiatan rewarding kepada dosen yang melakukan penelitian dan dimasukan dalam jurnal nasioanl terakreditasi dan jurnal internasional.

Disamping reward yang telah diberikan oleh universitas dan fakultas, dalam rangka meningkatkan kemampuan meneliti, Fakultas Hukum baik secara mandiri maupun bersama dengan lembaga penelitian telah menyelenggarakan pelatihan atau workshop penelitian baik untuk peneliti pemula maupun untuk peneliti senior. Harapannya pada tahun-tahun mendatang, dosen dapat meraih dana-dana hibah dan melakukan penelitian yang lebih bermutu, terutama yang berkaitan dengan perbaikan kinerja pembelajaran.

Untuk menjaga mutu penelitian yang dilakukan dosen-dosen, diselenggarakan monitoring dan evaluasi oleh tim evaluator. Selain itu, juga diselenggarakan seminar hasil peneleitian yang diikuti oleh seluruh dosen  untuk mendiseminasi/ menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada dosen dan pihak-pihak terkait. Luaran dari hasil penelitian yang dihasilkan oleh Dosen di Fakultas Hukum UNNES wajib dipublikasikan dalam seminar baik nasional maupun internasional dan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai tanggung jawab ilmiah kampus (Dosen) perlu diapresiasi dengan cara melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara optimal. Untuk itu, fakultas memberi dukungan penuh termasuk biaya kepada para dosen untuk dapat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu Hukum yang berkualitas yang dapat memberi sumbangan nyata bagi pengembangan UNNES menuju fakultas bertaraf internasional.

Untuk mendorong dosen agar tertarik dan terbiasa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Universitas dan Fakultas telah memberikan fasilitas tawaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat setiap tahunnya.

Untuk meningkatkan kemampuan menyusun usulan pengabdian kepada masyarakat, fakultas dan universitas melakukan pelatihan dan penataran bagi calon-calon pengabdi masyarakat. Guna memberikan apresiasi kepada dosen-dosen yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, fakultas dan universitas memprogramkan kegiatan rewarding kepada dosen yang menampilkan karya pengabdian kepada masyarakat terbaik. Harapannya pada tahun-tahun mendatang, dosen  terbiasa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat demi memberikan karya nyata dan sumbangan bagi pembangunan bangsa, dan pengembangan ilmu-Hukum pada khususnya.

Untuk menjaga mutu pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen-dosen , diselenggarakan monitoring dan evaluasi oleh tim evaluator. Selain itu juga diselenggarakan seminar hasil pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh seluruh dosen  untuk mendesiminasikan hasil-hasilnya kepada dosen dan pihak-pihak terkait.