logo

"Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, & Berkarakter Pancasila"

Sambutan Dekan

Quote

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Sambutan Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si dalam Rangka Dies FH UNNES ke-10

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga Fakultas Hukum hari ini 30 November 2017 genap 10 tahun. Dalam kesempatan merayakan Dies Natalis Fakultas Hukum ke-10 (Lustrum II) ini, ijinkan saya menyampaikan Laporan Tahunan Dekan sebagai salah satu tradisi akademik di Fakutas Hukum.

Pada Dies Natalis ke-10 (Lustrum II) Fakultas Hukum, kami sepakat mengangkat tema “Satu Visi Membangun Reputasi Menuju Internasionalisasi”. Tema ini kami tetapkan atas dasar capaian-capaian FH selama tahun 2017 tahun Reputasi dan rencana program menyongsong tahun 2018  tahun internasionalisasi. Membangun reputasi menuju internasionalisasi tetap dalam kerangka satu visi, yakni “Menjadi Fakultas Hukum berwawasan konservasi, bereputasi internasional dan berkarakter Pancasila. Pemahaman dan komitmen satu visi selalu digelorakan dalam setiap kegiatan fakultas yang dipadupadankan dengan yel-yel “semangat….hebat….kita bisa”. Buah dari ini semua adalah reputasi FH UNNES semakin meningkat. Jumlah peminat dan pendaftar ke Prodi Ilmu Hukum semakin banyak dengan tingkat keketatan tinggi (1: 17) dari pendaftar 6823 diterima 399. Kerjasama kelembagaan semakin banyak dengan spektrum yang semakin luas. Lulusan diserap baik oleh pengguna (antara lain, dalam rekruitmen CPNS Kemenkumham 2017, 9 lulusan sebagai pembimbing Kemasyarakatan, 1 lulusan sebagai Analis Keimigrasian, CPNS Mahkamah Agung RI,  13 lulusan diterima sebagai Calon Hakim, 1 lulusan di mahkamah konstitusi sebagai peneliti dan 1 lulusan di BMKG. Prestasi mahasiswa diberbagai bidang semakin banyak dan beragam dan tidak terbatas pada bidang hukum (antara lain dua mahasiswa FH UNNES mempersembahkan medali emas pada ajang Sukmalindo di cabang panahan).

Pada momentum Dies ke 10 (Lustrum II) tahun 2017 ini, dengan semangat membangun reputasi, selain terus berjuang mempertahankan akreditasi A sembari mempersiapkan sertifikasi AUN-QA. Pada tanggal 23 sampai dengan 25 November 2017 telah dilaksanakan visitasi pada program studi Magister Ilmu Hukum. Mohon doanya agar mendapatkan akreditasi unggul. Secara khusus Fakultas Hukum telah memiliki badan penerbit yang kami beri nama Badan Penerbit Fakultas Hukum (BPFH UNNES), yang secara konsisten dan berkelanjutan mengembangkan wacana keilmuan bidang hukum melalui berbagai publikasi baik buku ataupun lainnya, pada tahun 2017 ini telah melayani pengurusan ISBN dan penerbitan buku referensi karya dosen (6 buah), Buku Keadilan Karya Dosen dan Mahasiswa Fakultas Hukum, Penerbitan Jurnal Ilmiah meliputi Jurnal Pandecta, Unnes Law Journal, Journal of Criminal Law Studies, Journal of Indonesian Legal Studies dan Jurnal Lex Scientia serta pengurusan ISSN dan penerbitan prosiding seminar internasional dan nasional. Selain itu, di tahun 2017 ini juga Fakultas Hukum berkomitmen menghadirkan 8 Klinik Hukum yaitu Klinik Hukum Pertanahan, Klinik Hukum Kekayaan Intelektual, Klinik Hukum dan Pusat Kajian Pendidikan Antikorupsi, Klinik Perlindungan Hukum Perempuan dan Anak, Klinik Hukum Lingkungan, Klinik Hukum Advokasi Hak Asasi Manusia, Klinik Hukum Ketenagakerjaan, Klinik Hukum Perancangan Perundang-undangan sebagai wahana karya nyata mengabdikan ilmu hukum untuk kepentingan masyarakat luas, Pusat Studi ASEAN, dan Pusat Studi Anti Radikalisme dan Terorisme (PUSARA Teror).

Menuju tahun internasionalisasi, langkah yang dilakukan Fakultas di tahun 2017 sudah berada pada track yang benar. Kesepakatan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri telah dilakukan, antara lain dengan USIM Malaysia, UNISSA Brunei Darussalam, Law School Ritsumeikan University dan Law School Waseda University di Jepang, University of Southern Queensland di Australia. Selain itu juga telah dilakukan PKL dan KKL Antar Bangsa, pengiriman mahasiswa dalam forum internasional dan mengembangkan kelas internasional sebagai basis program internasional lainnya.

Pada kesempatan ini saya mewakili seluruh civitas akademika dan warga Fakultas Hukum, mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat Bapak Rektor dan pimpinan UNNES, pimpinan Fakultas di lingkungan UNNES atas segala perhatian, bantuan dan sumbang sarannya demi kemajuan Fakutas Hukum. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu dan saudara, baik dari internal UNNES maupun dari eksternal yang telah mendarmabaktikan pemikiran dan kerjakerasnya meletakkan pondasi yang kokoh dan tradisi baik bagi pengembangan fakultas. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada semua ,m, tenaga kependidikan, institusi mitra, dan pihak-pihak yang telah memberikan perhatian dan bantuan dalam berbagai bentuk kepada Fakutas Hukum.

Dirgahayu Fakutas Hukum Universitas Negeri Semarang

Fakultas Hukum … Viva Justitia.

Jayalah Universitas Negeri Semarang.