logo

"Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, & Berkarakter Pancasila"

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, dan Berkarakter Pancasila

Undang SESDITJEN KSA KEMENLU, UNNES Berkomitmen Menguatkan Peran Universitas di Era MEA

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Indonesia terus berbenah untuk dapat eksis dan memenangkan kompetisi dengan seluruh masyarakat Asean. Banyak potensi yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, namun hingga saat ini Indonesia masih menjadi negara target pasar, terkait jumlah penduduk yang dimiliki Indonesia begitu besar, sehingga menjadi sasaran empuk banyak perusahaan besar yang menjadikan mereka konsumen.

Dalam rangka memahamkan peran masyarakat atas persaingan dalam masyarakat ekonomi Asean, Pusat Studi Asean Unnes mengundang Secretary of The Directorate-General of ASEAN Cooperation Ministry of Foreign Affairs Vedi Kurnia Buana. Vedi berpendapat bahwa satu hal yang tidak disadari masyarakat adalah persaingan itu sendiri. “Masyarakat harus memahami bahwa kita dalam situasi kompetisi, dan masyarakat harus meningkatkan potensi untuk memenangkan kompetisi tersebut” tegas Vedi dalam pidatonya.

Pusat Studi Asean (PSA) FH UNNES sendiri memiliki komitmen besar sebagai kepanjangan tangan Kementerian Luar Negeri untuk ikut memahamkan masyarakat terkait pentingnya daya saing tersebut. PSA dalam berbagai forum mahasiswa terus menginformasikan berbagai isu-isu seputar ASEAN yang menjadi perhatian dengan harapan masyarakat menjadi peduli terhadap ASEAN.

Di era internasionalisasi, ASEAN yang diibaratkan sebagai halaman rumah kita menjadi kawasan strategis dan Indonesia harus bersiap dengan kompetisi tersebut agar menjadi lebih unggul, “disadari atau tidak Indonesia merupakan pemimpin negara-negara ASEAN, sehingga menjadi sebuah kesalahan bila Indonesia tidak memiliki peran yang besar di Masyarakat Ekonomi ASEAN” menurut Sonny ketua PSA UNNES.

Disisi lain Dekan FH UNNES menambahkan, “kampus sebagai institusi akademik akan terus mengawal dan mendidik masyarakat pada khususnya mahasiswa, agar dapat bersaing di kancah internasional” tegasnya.

Kegiatan studium general tersebut merupakan bentuk aplikasi kerjasama tahunan antara Universitas Negeri Semarang melalui PSA UNNES dengan Kementerian Luar Negeri RI melalui Dirjen Kerjasama ASEAN. Secara reguler tiap tahunnya selalu ada kegiatan dengan tujuan membumikan fungsi dan manfaat ASEAN di Masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quote

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya