logo

(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, dan Berkarakter Pancasila

Perlindungan Hukum TKI Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang, Tim PKM-PSH FH UNNES Lakukan Penelitian!

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Suriah merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang dijadikan tujuan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI). Namun pada tahun 2011 konflik bersenjata yang terjadi disana semakin berkecamuk, sehingga pemerintah Indonesia mulai memberlakukan beberapa kebijakan guna melindungi TKI, yaitu moratorium dan repatriasi. Dengan adanya kebijakan moratorium tersebut, berdampak pada setiap TKI yang masih dikirimkan secara ilegal pascamoratorium disebut sebagai korban tindak pidana perdagangan orang.

Penelitian ini dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang dan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI Jawa tengah oleh Tim PKM Sosial Humaniora Fakultas Hukum Unnes yang lolos didanai Kemenristek Dikti di tahun 2017 yakni Lina Dwi Istiqomah, Diah Puspita Rini, Raka Kusuma Wardana, Dede Mardiansyah dan Ahmad Defri Arfianto dengan Dosen Pendamping Anis Widyawati, S.H., M.H. Luaran dari penelitian ini telah dimuat dalam South East Asia Journal Of Contemporary Business, Economics and Law.

Sebenarnya alasan diberlakukannya kebijakan moratorium dan repatriasi bukan hanya karena adanya konflik bersenjata, namun juga dikarenakan belum adanya kesepakatan kerjasama antara Indonesia dengan Suriah, hal tersebut berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan Tim PKM-PSH Fakultas Hukum Unnes dengan Bapak Agus Supriyono, S.Sos. selaku Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Semarang dan Bapak Rodli, S.Pd., M.M. selaku Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Jawa Tengah. Selain itu narasumber juga menyebutkan bahwa terkait dengan perlindungan hukum yang diberikan bagi TKI Suriah korban tindak pidana perdagangan orang tentunya berbeda. TKI korban tindak pidana perdagangan orang yang ada di Suriah sebagian besar adalah TKI ilegal sehingga keberadaan para TKI tersebut baru akan diketahui jika sudah bermasalah.

Perlindungan hukum yang diberikan Pemerintah tentunya sesuai dengan apa yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Salah satu bentuk dari perlindungan hukum tersebut adalah berlakunya kebijakan moratorium, repatriasi dan pemberian bantuan hukum bagi TKI yang bermasalah hukum agar mendapatkan hak-haknya serta bantuan-bantuan hukum lain yang diperlukan. Bagi TKI Suriah yang bermasalah hukum tidak akan dibedakan, semua TKI akan mendapatkan bantuan hukum namun tentunya bantuan yang diberikan pemerintah untuk TKI yang sesuai dengan ilegal dan ilegal berbeda termasuk pemenuhan hak nya sebagai seorang tenaga kerja. Agus Supriyono, S.Sos. menyebutkan, “Orang yang salah di istimewakan, malah akan menimbulkan kecemburuan, sehingga harus dibedakan”.

Upaya sebaik apapun dari pihak pemerintah tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh pihak-pihak terkait lainnya. Masih adanya TKI yang dikirimkan pascamoratorium Suriah tentunya akibat kelalaian dari berbagai pihak. Untuk mengatasi dan menyudahi permasalahan ini tentu tidaklah mudah, dibutuhkan pengawasan, penegakan serta komitmen dari semua pihak untuk menjalankan peraturan yang telah ada sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya