logo

(024) 8507891

fh@mail.unnes.ac.id

Sekaran Gunungpati

Kota Semarang, 50229

07:00 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, dan Berkarakter Pancasila

Edukasi Masyarakat Soal ASEAN, PSA FH UNNES Selenggarakan Seminar Nasional

FH.UNNES.AC.ID – Semarang, Dinamika masyarakat di kawasan Asia Tenggara memberikan dampak yang sangat signifikan bukan hanya bagi negara-negara di Asia Tenggara tetapi juga masyarakat internasional. Perkembangan yang tersebut juga memunculkan berbagai persoalan, salah satunya adalah bidang ekonomi. Hal tersebut diungkapkan Asharyadi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, saat mengisi acara Seminar Nasional ASEAN, Rabu (22/11), di Gedung Serba Guna Dekanat Lt.3 FH UNNES.

Asharyadi megungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada, perkembangan ekonomi di negara-negara Asia Tenggara tidak merata. “Ekonomi menjadi isu penting di kawasan ini, misalnya saja Singapura, menjadi negara yang pertumbuhan ekonominya sangat maju di negara Asia Tenggara,” ungkap Asharyadi. Selain Asharyadi, hadir juga sebagai pembicara, FX Adji Samekto, Guru Besar Fakultas Hukum Undip, dan Saru Arifin, Peneliti Pusat Studi ASEAN FH Unnes.

Senada dengan Asharyadi, Adji Samekto juga mengungkapkan bahwa isu ekonomi menjadi salah satu isu penting di negara kawasan Asia Tenggara selain isu politik dan kedaulatan. Adji mencontohkan perihal masalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. “MEA menjadikan pasar ekonomi di ASEAN seperti pasar bebas sehingga resiko yang ditimbulkan sangat tinggi”, ungkapnya. Adji lebih jauh menekankan bahwa resiko yang sangat mungkin terjadi adalah ketidakmampuan pasar di Indonesia untuk bersaing di era MEA, sehingga menurutnya, pemerintah perlu mengantisipasi ini.

Sonny Saptoadjie Wicaksono, Direktur Pusat Studi ASEAN FH Unnes, mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara kunci dalam perkembangan ASEAN. “Indonesia punya peran yang signifikan dalam perkembangan ASEAN, baik itu di masa lalu, sekarang, maupun masa mendatang”. Sementara itu, Fathur Rohman, Rektor Universitas Negeri Semarang, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa UNNES berkomitmen bersama pemerintah dan masyarakat menguatkan Indonesia dalam dinamika ASEAN.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya