logo

"Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, & Berkarakter Pancasila"

Menjadi Fakultas Hukum Berwawasan Konservasi, Bereputasi Internasional, dan Berkarakter Pancasila

12 Perguruan Tinggi ikuti Seminar Nasional UKM Kewirausahaan

FH.UNNES.AC.ID – Semarang,  Aktivitas kewirausahaan kini menjadi pilihan yang paling diminati oleh kaum muda, khususnya di kalangan mahasiswa. Terpantau dalam acara Seminar Nasional UKM Kewirausahaan Fakultas Hukum UNNES dengan tema “Peran mahasiswa sebagai pelaku dan penggerak ekonomi kreatif berbasis usaha mikro, kecil, menengah” peserta dengan khidmat mengikuti acara yang diadakan oleh UKM Kewirausahaan FH Unnes hingga selesai.

Seminar yang diadakan pada hari Sabtu (21/10/2017) mampu menghadirkan 200 peserta dari 12 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Tengah yang diantaranya; UNNES, POLINES, UDINUS, UNISSULA, UNISBANK, STEKOM, UIN Walisongo, Universitas PGRI Semarang, USM, STAIN Kudus, IAIN Salatiga, dan Universitas Pancasakti Tegal. Respon mahasiswa luar biasa terhadap acara Seminar Kewirausahaan ini, karena menghadirkan pembicara nasional yaitu, Ketua HIPMI Jawa Tengah, Ferry Firmawan., Ph.D. dan Aprilia Evy Prasetyani,. S.H. yang bekerja sebagai Legal Konsultan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai lulusan dari perguruan tinggi di Malaysia, Ferry Firmawan yang akrab dipanggil dengan Pak Ferry memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bangkit dan pantang menyerah dalam mencoba berwirausaha, “Prinsip berbisnis adalah jujur, pantang menyerah, dan bangun relasi sebanyak mungkin. Ibarat kata jikalau ada seminar, duduklah di sebelah orang baru, maka kamu akan mendapatkan ilmu serta pengalamannya”. Berwirausaha memang menjadi peluang yang sangat besar dan tidak terbatas oleh jumlah atau kuota pengusaha di Indonesia, dan menjadi alternatif bagi para mahasiswa yang mulai kesusahan dalam mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus. Seminar ini dilatar belakangi oleh keadaan dimana kebanyakan dari mahasiswa memiliki angan-angan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai kantoran, dengan jumlah lowongan yang tidak sepadan dengan jumlah lulusan sarjana di Indonesia setiap tahunnya.

Acara yang diadakan di aula K3 lantai 3 Fakultas Hukum Unnes ini, juga mendatangkan seorang sarjana hukum yang telah berkecimpung di dunia legal konsultan, beliau adalah Aprilia Evy Prasetyani. Menurut Mbak Evy, sapaan moderator kepadanya, “ Menjadi pelaku wirausaha tidak hanya pandai melihat peluang kerja, akan tetapi sebagai wirausaha yang baik haruslah mengetahui dan mengikuti regulasi-regulasi yang ada, dan menjadi pengusaha muda harus dimulai dari sekarang jika tidak ingin menyesal pada masa yang akan datang”.

Apresiasi yang luar biasa dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum, Try Sulistyono,. S.H, M.H dalam sambutan sekaligus selaku pembuka acara Seminar Nasional untuk panitia serta seluruh peserta yang mengikuti seminar. Tidak hanya ilmu dan relasi yang didapatkan oleh peserta, diakhir acara seluruh peserta diberikan kesempatan untuk merasakan kenikmatan dari es “Choco Justice” yang merupakan inovasi usaha dari UKM Kewirausahaan Fakultas Hukum, yang telah dibuka pada bulan September lalu di Gedung Bundar K2 lantai 1 Fakulta Hukum.

Unggah: Adib NF

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Quote

Saiyek Saeka Praya

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

2016-03-14T15:19:08+00:00

Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, M.Si

Guru Besar

Pekerjaan berat dilakukan dengan kebersamaan pasti akan terasa ringan (Saiyek saeka praya)

Strategi Hidup

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

2016-03-14T15:19:18+00:00

Dr. Rodiyah, S.Pd.,S.H.,M.Si

Dekan

Ketenangan, Kesabaran dan Keikhlasan untuk Ibadah Adalah Awal Kebahagiaan Yang Sesungguhnya